Sunday, June 22, 2008

Sangu Goreng Cikur

Ini resep kedua yang coba saya tuliskan, mudah-mudahan bisa dijadikan selingan jika kadang kita bosen dengan nasi goreng yang itu-itu juga. Saya pribadi sering mempraktekan resep ini karena cita rasa dan suasana yang dihasilkan sangat cocok dengan selera kami sekeluarga. OK lah, biar gak terlalu banyak pembukaannya langsung saja saya uraikan resep, bumbu dan cara pengolahan Nasi goreng jenis ini.

Bahan:
Sperti biasanya, Sepiring Nasi atau lebih, tergantung selera dan kapasitas perut anda. Lebih baik jika dipilih nasi yang agak pera.

Bumbu:
Bawang putih 2 siung ukuran sedang.
Cabe rawit warna hijau 10 buah.
Kencur (Cikur - Sunda) seruas jari
Opsional Bawang merah satu siung.
Minyak Goreng secukupnya ( 2-4 sendok)
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara memasak:
Bawang putih, cabe rawit dan kencur di halusakan dengan bantuan ulekan ( Coet & mutu - Sunda) tambahkan garam secukupnya supaya mudah dalam proses menghaluskan. Opsional bawanhg merah juga boleh di ikutkan dalam proses ini. Setelah bumbu halus, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi, masukan nasi aduk sampai rata, masukan penyedap rasa. setelah 5-7 menit, cicipi dahulu nasi goreng tersebut, jika dirasa kurang asin bisa ditambahkan garam secukupnya. Setelah dirasa pas, angkat dan simpan di atas piring. Sangu Goreng Cikur siap dihidangkan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home